Jumat, 13 November 2009

Berbagi Pengalaman Terkait Hypnobirthing

Oleh Prima Avianti S.Psi

Gara-garanya pas baca-baca milis asiforbaby ternyata lagi rame bahas hypnobirthing. waktu itu sekitar agustus 2008. anak pertamaku, hizballah, masi umur kurleb 13 bulanan dan aku belom hamil anak kedua. adalah mb di salah satu member milis yg share atas pengalamannya sukses hypnobirthing. tanpa pikir panjang langsung deh japri ke beliau, mo nanya-nanya apa dan gimana sih terapi plus penerapan hypnobirthing itu. saat itulah aku molai tertarik hypnobirthing,,

januari 2009 aku 'telat' dapet. waktu testpack beneran positif. ini pertama kalinya positif setelah 3 kali sebelumnya "telat" tapi hasilnya selalu negatif. biar lebi yakin akirnya ke dsog. ternyata eh ternyata uda hamil 8 minggu. alhamdulillah, kayanya tertarik hypnobirthing jd firasat baik buatku deh,,^^ btw imelku ke mb di yang dulu baru dibales 4 bulan kemudian dan pada saat itu aku uda hamil 3 bulan. hehe, makasiy banyak mb,,^^

artikel dari mb di aku baca sepintas aja dan aku baru tau kalo ternyata hypnobirthinghypnobirthing adalah afirmasi diri ato self-talk: "melahirkan itu indah, melahirkan itu menyenangkan, melahirkan itu kerjasama antara ibu dan calon bebi, bla bla bla". saat itu sih aku masih belom bisa memaknai self-talk yahh, coz di anak pertamaku dulu aku ngerasain sakitnya melahirkan yang luar biasa. penuh rasa takut, panik, dan terburu-buru. nafas ngos-ngosan, dehidrasi, kaki kram, keluar keringat dingin berlebihan, ga bisa ngejan, tereak-tereak sampe nendang-nendang 3 perawat yg megangin kakiku. sama sekali ga bisa rileks. dan udah pasti aku masi amat sangat inget rasanya!! fyuh, gimana bisa self-talk coba??

Tidak ada komentar: